Raja Garment – Konveksi Surabaya
Jl. Gubeng Kertajaya XI B No.2 C, Airlangga, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur 60286

Konveksi seragam batik surabaya

 

Konveksi seragam batik surabaya – Hallo Sobat Radja, bersua lagi dengan admin radja disini.
Dikesempatan hari ini admin mempunyai tema menarik loh seputar Seragam Batik. Mengapa temanya seragam batik sih min? kok tidak bahas saham aja. HAHA admin kan bergelut dengan bidang konveksi tidak ada hubungannya dong dengan saham T_T.

PERHATIAN! Bagi penikmat artikel dari raja garment yang baru bergabung selamat datang ya.

Seragam batik memang tidak dapat lepas dari indonesia. Batik telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan kemanusian untuk budaya lisan dan nonbendawi pada 2 Oktober 2009. Keren kan.
Batik sendiri mempunyai ciri khas disetiap daerah diindonesia contoh, Solo, Jogjakarta, Pekalongan dan sebagainya (Admin bahas di next artikel). Kembali lagi ke seragam batik, seragam batik pasti sudah cukup lumrah dipakai dikehidupan kita sehari – hari, baik itu untuk sekolah, kerja, hajatan ataupun kunjungan kenegaraan bahkan mengenakan batik.
Alasannya mengapa pakai batik adalah supaya batik lebih dikenal luas oleh orang banyak, tidak hanya orang lokal malainkan bagi orang luar negeri. Menurut admin apabila seseorang mengenakan batik tingkat kewibawaannya akan meningkat secara drastis lebih cool dan sebagainya.

Baca juga > 6 Tips merawat dan cuci kaos promosi

Mari kita bahas bersama jenis – jenis bahan untuk seragam batik :

  1. Kain mori
    Kain mori menjadi bahan utama dalam pembuatan batik sebab kemudahan pemrosesan serta teksturnya yang begitu halus. Kain mori merupakan kain tenun yang terbuat dari kapas. Terdapat dua tipe kain mori, yaitu kain mori yang telah mengalami pemutihan dan kain mori yang belum diputihkan (kain blacu). Selain diaplikasikan sebagai bahan batik, kain mori juga digunakan sebagai kain kafan.
    Kain mori biru memiliki kwalitas satu level diatas mori batu. Jenis mori ini memakai benang katun 30s.
  2. Kain katun
    Kain katun telah lazim dipergunakan sebagai bahan pakaian, termasuk batik. Katun terbuat dari serat kapas yang dipintal menjadi benang dan diolah menjadi kain rapih. Karakter dari kain ini yaitu bahannya yang sedikit kaku dan gampang meresap keringat sehingga cukup sejuk ketika dipakai. Cotton banyak jenisnya dan terdiri atas beberapa tingkatan yang dibedakan berdasarkan kehalusan dan ketebalannya.
  3. Kain shantung
    Kain yang kerap kali juga disebut sebagai kain rayon ini mempunyai tekstur yang lembut dan dingin sehingga cocok dipakai dalam cuaca panas sebab memberikan rasa sejuk bagi tubuh. Dalam produksi batik, umumnya kain shantung menjadi bahan batik cap ataupun batik print. Kain ini juga mempunyai bermacam – macam jenis berdasarkan ketebalan dan ragam benang yang dipakai. Dari segi harga yang terjangkau, kain ini tergolong lebih murah dibandingkan kain katun.
    Kain katun rayon lebih bersinar dan berkilau. Teksturnya lebih lembut dan halus di kulit sehingga benar-benar cocok diterapkan untuk beraneka ragam busana. Daya tahan bahan kain katun rayon lebih bagus dibandingkan bahan katun biasa sehingga lebih awet apabila dirawat dengan metode yang tepat.
  4. Kain dobi
    Kain dobi merupakan kain tenun yang dibuat dengan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) dan mempunyai ciri khas serat timbul dengan motif beragam seperti kotak-kotak dan garis. Kain ini dapat dikatakan sebagai kain semi-sutera sebab bahannya yang berasal dari campuran benang katun dan poliester maupun benang sutera. Tekstur kain dobby ini cukup unik karena tergolong halus tetapi kasar pada bagian-bagian tertentu. Kain dobby jenis ini banyak digunakan dalam pembuatan batik untuk kalangan menengah ke atas atau premium.
    Kain batik dobby merupakan batik yang memakai bahan dobby yaitu kombinasi antara katun dan polyester dengan khas motif serat. Terdapat juga yang berbahan 100% benang katun mesres bakar bulu (katun yang melewati proses bakar bulu). Tetapi ada juga yang terbuat dari bahan benang sutra. Motif pada kain dobby mempunyai pola geometris beberapa motif yang familiar yakni Herringbone, dobby baron, dobby crystal, dobby salur, dan dobby kotak-kotak.
    Kain dobby banyak diproduksi di daerah Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatra, dan Sulawesi. Kain dobby yang terdapat di pasaran yakni katun dobby dan sutra dobby. Ada beberapa tingkatan pada kain dobby ini seperti halnya katun prima dan primissima dari yang kasar hingga halus, ciri khas dobby terletak pada tekstur kasarnya. Jadi pada dobby yang paling haluspun akan terasa serat-seratnya yang terlihat.
    Kain dobby banyak dimanfaatkan untuk pembuatan batik sebab memiliki tekstur berbeda dengan kain katun biasa. Perajin batik biasa menggukan kain ini sebab kualitasnya menengah ke atas. Kain batik dobby tak jarang digunakan untuk membuat blus, kemeja, rok, koko dan bila digunakan kain akan tampak elegan. Kain ini sebaiknya dicuci dahulu sebelum dijadikan busana mengingat kain dobby akan menyusut 2 sampai 10 %, dengan dicuci akan jelas ukuran kain sebenarnya. Kelebihan kain dobby adalah kainnya dingin dikala digunakan dan juga menyerap keringat.
  5. Kain sutera
    Kain sutera terkenal dengan kemewahannya yang ditunjukan oleh tekstur yang lembut, halus, ‘jatuh’, dan mengilap. Kain sutera yang digunakan sebagai bahan baju biasa saja sudah berharga mahal, apalagi kalau diberikan motif batik yang proses pembuatannya kompleks. Persiapkan diri untuk merogoh kocek lebih dalam apabila berkeinginan membelinya, akan tetapi mahalnya harga tersebut sebanding dengan mutu dan kwalitas tinggi yang dihadirkan.
    Sutra atau sutera merupakan serat protein alami yang dapat ditenun menjadi tekstil. Jenis sutra yang paling umum adalah sutra dari kepompong yang dihasilkan larva ulat sutra murbei (Bombyx mori) yang diternak (peternakan ulat itu disebut serikultur). Sutra memiliki tekstur mulus, lembut, namun tak licin. Rupa berkilauan yang menjadi daya tarik sutra berasal dari struktur seperti prisma segitiga dalam serat tersbut yang membuat kain sutra dapat membiaskan sinar dari bermacam – macam sudut.
  6. Kain serat nanas
    sesuai dengan namanya, kain ini berbahan dasar serat nanas yang diambil dari daunnya. Kain ini cenderung kaku dan transparan, namun mempunyai kilauan lembut dan garis halus. Sama seperti katun, kain ini sanggup menyerap keringat dengan baik.
    Rupanya, di pedalaman Pulau Sulawesi, tepatnya di bagian utara Sulawesi Selatan, serat nanas digunakan untuk membuat kain. Terbukti ini bahkan telah dilakukan semenjak mereka belum mengetahui kapas untuk diolah menjadi katun. Masyarakat Sulawesi Selatan dapat menciptakan kain yang halus dari serat nenas. Kain ini bahkan dapat digunakan untuk beragam kebutuhan , seperti sarung, pakaian, hingga kain penutup jenazah. Usia terbaik untuk menggunakan serat nanas adalah 1 tahun – 1,5 tahun setelah ditanam. Jika terlalu muda, serat kain tidak akan kuat, sedangkan jika terlalu tua. serat kain akan kasar. Kain yang dihasilkan oleh serat nanas ciri-cirinya mengilap dan masih memperlihatkan sulur-sulur. Kain ini cocok digunakan pasa malam hari karena mampu memberikan kehangatan. Kain nanas pun sering digunakan sebagai bahan untuk membatik.

Menurut admin sendiri Pertama, Kain katun cocok untuk produksi seragam batik secara massal karena apa? dari segi biaya terjangkau serta kain katun terkenal adem, nyaman dan memiliki berbagai macam pilihan Kedua, admin baru tahu ternyata kain nanas benar – benar terbuat dari nanas yaitu dari daunnya dan telah dipakai oleh penduduk pedalaman Sulawesi, AMAZING Ketiga, seragam batik sangat cocok bagi setiap orang karena memiliki aura kewibawaan serta memancarkan aura asli seseorang hanya lewat batik.

Kesimpulannya, Banyak pilihan bahan untuk menciptakan sebuah seragam batik dari bahan halus, kasar, dan premium semua bahan memiliki karakteristik tersendiri tinggal kita pandai memilih bahan sesuai dengan karakter kulit dll. 

Konveksi seragam batik surabaya hadir untuk memenuhi kebutuhan seragam batik anda hub 0856 5500 1130 untuk pemesanan, kami mempunyai berbagai solusi bagi anda yang bingung memilih badan dan pas dengan kantong anda.

Baca juga > Baju Seragam

Sekian pembahasan admin Radja kali ini, kamu mempunyai ide menarik untuk postingan selanjutnya bisa comment dibawah akan kami pertimbangkan dan riset terlebih dahulu ya. Jika kamu memiliki saran dan tambahan tentang artikel ini comment dibawah ya.

Admin Radja konveksi seragam batik surabaya undur diri dahulu sampai bertemu di artikel selanjutnya.. See youu Sobat Radja.

Chat via WA